Baru Menemukan Media Belajar yang Seru Bernama Ruangguru

Rehanfird - Dimulai dari kisah piluku dalam dunia pendidikan. Cara belajarku tergolong lambat sekali perlu dijelaskan 2 hingga 3 kali yang di mana saat itu kan cara mengajar guru serta bimbel hanya menjelaskan materi 1x. Alhasil selama ada ujian sudah pusing duluan karena takut tidak bisa menjawab soalnya apalagi ujian lisan. Ya... seperti itu terus sampai kelas 12 semester 1.

Waktu itu mau ikut bimbingan belajar di salah satu lembaga bimbingan belajar tapi ya begitu, harganya mahal dan aku sempat memikirkan *Buat apa aku belajar semua ini, toh ga semua materi bisa aku implementasikan ke dunia kerja nantinya.

Karena bidang yang aku sukai dari dulu yaitu bisnis kan secara logika mending bimbingan belajar tentang bisnis secara mendalam daripada belajar materi yang ada di sekolah.

Sampai tiba waktunya kurang beberapa bulan lagi untuk mempersiapkan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk mendaftar SBMPTN dan aku belum belajar sama sekali, sekalipun belajar pasti susah, karena tidak tau harus mulai dari mana. Okelah kalau hanya TPS bisa mengerjakan soal-soal Try Out kalau TKA nya kan harus mengerti materinya.

Nah... disinilah aku bertemu dengan Ruangguru. Awalnya agak meragukan tapi... testimonial alumni-alumninya sangat menggiurkan. Kemudian aku cobain dan belajarnya kok enak ya... bisa di ulang terus materinya, kan materinya berupa video. Harganya 450ribuan (diskon) kan lumayan.

"Akhirnyaa... selama 11,5 tahun belajar di sekolah, baru sekarang menemukan aplikasi luar biasa yang bisa bikin belajar betah hingga berjam-jam"

Kan ada banyak banget tuh bimbingan belajar yang berbasis online bukan hanya ruangguru doang, kenapa harus ruangguru?. Memang sih... Ya mari cari tau sendiri pada pembahasan di bawah ini.


Nyesel belajar di Ruangguru, nyesel karena belajar baru-baru ini, coba aja kenal ruangguru dari dulu, pasti nilaiku bagus semua.

"Emang nilainya jelek sekarang?"

Ya... standard sih, 80an gitu cuman ya daftar SNMPTN kan ga maksimal dan alhasil ga keterima deh. Mau ga mau harus daftar SBMPTN dan di mana ujiannya sangat berbeda dari tahun kemarin. Tahun sekarang menggunakan metode HOTS (High Order Thinking Skill) simpelnya ngerjakan soal dengan logika.

Terus... mau belajar pakai apa kalau soalnya dah beda gini... mau liat soal tahun kemarin-kemarinnya dah beda metodenya, ya mungkin ada sih sebagian soal-soalnya yang mirip. Tapi mau gimana lagi kalau ga belajar pada tempatnya yaitu Bimbel.

Nah bimbel disini aku sempat mikir nih..."Bimbel apa yang murah dan pembelajarannya bisa diulang-ulang."

Singkat cerita, ruangguru jadi pilihanku selain harganya murah, gurunya pun saat mengajar materi sangat mudah diterima tanpa berbelit-belit. Ga percaya? Download deh... di Playstore atau Appstore.

Download:
Ruangguru di Playstore
Ruangguru di Appstore

"Lah kan kalau download harus beli dulu paket belajarnya."

Ngga selalu dong... Di aplikasi Ruangguru ada fitur demo/trial materi yang di mana kamu bisa belajar materi-materi yang tersedia di ruangguru, tapi... terbatas ga semua bisa dilihat. Kepo? Coba sendiri deh, ntar kalau ketagihan jangan salahkan aku tapi salahkan ruanggurunya hehe.


Uang bukan segalanya tapi kalau ga ada uang ga bisa beli apa-apa dong hehe... Waktu itu aku mengatur keuanganku sangat ketat sekali nabung dan nabung. Kebutuhanku tergolong lumayan sih setiap bulan harus mengeluarkan uang sebesar 150ribu untuk memperpanjang usia domainku.

Tapi ngga apa, mau sukses kan harus berkorban dulu. Sama halnya seperti berlangganan paket belajar di ruangguru, mau masuk universitas idaman harus belajar dulu. Tapi belajarnya harus tepat ya dan tertarget.

Kenapa aku memilih ruangguru? Harganya sangat bersahabat dan banyak diskonnya looo... Nih melek semua matanya kalau liat kata diskon. Waktu itu ada diskon ruangbelajar dengan paket SBMPTN seharga 450 ribu dari 775 ribu kan lumayan hampir setengah harga loo diskonnya.

Isinya sudah lengkap, mau kamu belajar SAINTEK dan SOSHUM sekaligus sudah ada disana, jadi ga perlu lagi beli eceran hehe. Oiya hampir lupa dan ada bonusnya looo. Hmmm melek lagi dah matanya kalau ada kata bonus.

Bonusnya kamu bisa belajar STAN secara gratis bagi yang berlangganan paket belajar SBMPTN minimal 1 tahun ya, wah aji mumpung banget ya, biasanya instansi bimbingan belajar STAN itu relatif mahal looo. Intinya untung banget deh yang berlangganan di ruangguru.

Aku aja sempat mikir "Wah kalo se Indonesia pakai aplikasi Ruangguru nanti saingannya berat" Saking berkualitasnya materi yang ada di aplikasi Ruangguru.

Lanjut ya, ke pengalamanku menggunakan aplikasi ruangguru dari segi fitur-fiturnya yang sangat berguna.


Sebagai siswa yang uangnya mepet-mepet, wah semua fitur diatas sangat berguna sekali sih. Dimulai dari Hemat Kuota coba aja deh kita lagi kere nih ga ada kuota tapi sudah ada niatan nih mau belajar wah pasti badmood banget. Sekalinya ada kuota beh sosial media mengalihkan niat kita untuk belajar.

Bener apa bener?

Nah, di aplikasi ruangguru baru saja beberapa bulan yang lalu ada pembaruan fitur, yaitu bisa unduh materi sebanyak-banyaknya. Nah, setelah diunduh materinya langsung siap pakai. Kamu juga ga usah khawatir deh penyimpanan internal di smartphone kamu bakalan terkuras.

"Hmm, kan kalau download video gitu, ukuran videonya biasanya besar-besar, gimana tuh kak?"

Jangan khawatir, Ruangguru sudah mengakali itu semua dan saling berkaitan. Yap baru banget ruangguru merilis fitur baru yang di mana materi video yang akan diunduh bisa disimpan di kartu eksternal.

Penyimpanan penuh? Mustahil deh...

"Kak, mau tanya lagi. Kalau baterai smartphone habis, belajar di komputer atau laptop bisa ngga kak? Kayak youtube-youtube gitu kak amfibi hehe"

Apalagi amfibi ini haha. Bisa banget lah, mau di komputer di laptop semuanya bisa, tapi jangan di hatiku #eeaakk. Contohnya seperti di foto ini nih, aku lagi belajar lewat laptop.


Nah ini nih fitur paling krusial, yaitu Try Out dan Soal Pembahasan. Coba bayangkan kalau ga ada fitur ini. Beh pikiran nge-blank ntah kemana karena ga ada gambaran tentang soal-soal yang akan ada di ujian nanti.

Ruangguru menyediakan Try Out Akbar yang di mana gunanya untuk memaksimalkan kamu saat mengerjakan ujian nanti pada hari-h setidaknya ada gambaran lah untuk mempersiapkannya nanti.

Tryoutnya bayar?Gratis dong... Tapi harus berlangganan dulu di ruangguru. Hanya 450 ribu doang kok, bisa nikmatin materi dan fiturnya selama 1 tahun. Sebenarnya sih harganya 775ribu dengan kamu menggunakan kode: REHANHQSOE kamu bakal mendapat potongan 40% looo... buruan daftar paket ruangbelajar mana aja dan cantumin kodenya... okee.... lumayan sisa uangnya dipakai buat traktir hehe...

Sekarang eranya millenials yang di mana semua ingin serba instan, nah dalam hal belajar juga begitu dan aku sih sangat setuju sekali. Seharusnya pembelajaran itu langsung to the point tanpa harus muter-muter. Contohnya kalau materi A ya materi A yang dijelaskan, bukan materi A nyeleweng ke materi B.

Nah di ruangguru konsepnya seperti itu, mangkanya durasi yang diberikan saat proses pembelajaran tidak lebih dari 20 menit. Singkat, padat, jelas, dan mudah dimengerti.


Memang tidak bisa dipungkiri, bosan merupakan salah satu sifat manusia. Nah bosan disini merupakan awal masalah dari malasnya belajar, jadi ruangguru menyediakan solusinya. Setiap masalah pasti akan ada solusinya.

Apa solusinya? Solusinya sangat banyak sekali lo...Dan tentunya tetap pada jalur positif. Contohnya?Saat kamu berlangganan di ruangguru nanti kamu bakalan dapat materi yang begitu sempurna dan bermakna bagi kehidupan kamu sehari-hari. Apa tuh coba?

Yap, RG Inspire. RG Inspire di sini sudah menjadi penawar rasa bosan setiap kali belajar. Isinya apaan sih? kok kayaknya menarik banget. Sangat menarik tentunya, materi di RG Inspire tidak akan kamu dapatkan di dalam sekolah.

Kenapa? Karena RG Inspire ini materinya memotivasi dan memberikan solusi pada setiap masalah yang pernah kamu alami. Bukan hanya itu, RG Inspire juga memotivasi agar lebih giat lagi dalam mencapai target yang kamu inginkan. Menarik kan...


Mood berantakan saat belajar memang bikin pusing sih... Tapi jangan khawatir, guru-guru yang mengajar sudah profesional di bidangnya, jadi jangan takut pusing. Penjelasannya pun sangat mudah dipahami dan membentuk sebuah cerita.

Selain itu, bukan hanya belajar dan belajar, tetapi belajar diselingi dengan latihan soal. Keren ga? Keren dong... Jadi, bukan hanya menerima teori tetapi juga mempraktikkannya. Makin siap deh pokoknya menghadapi segala ujian, hehe.

Kesimpulannya, jangan takut untuk mengeluarkan uang untuk masa depan yang lebih cerah. "Sukses Butuh Pengorbanan, Kerja Keras, dan Do'a."

Sebenarnya masih banyak lagi yang aku mau ceritakan tentang Aplikasi Ruangguru ini, tapi takut kamu bosan bacanya ya... sudahlah aku akhiri saja sampai sini. Semangat yaa...

Jika ada pertanyaan seputar aplikasi ruangguru. jangan segan-segan untuk bertanya di kolom komentar di bawah ya... Malu Bertanya Sesat di Jalan lohhh.

Thanks to: freepik.com and Ruangguru

9 Obrolan seru!


Show EmoticonHide Emoticon

  1. Bener banget nih, salah satu yang ku sukai dari Ruangguru itu guru yang menyampaikan materinya santai dan tidak terkesan terburu-buru sehingga lebuh mudah memahami setiap materinya.

    Btw, tulisannya keren apalagi ada infografisnya jadi nggak bosen.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget... penyampaiannya seperti tidak dikutip langsung dari buku, malah kayak menyabung seperti sebuah cerita...

      BTW terimakasih...

      Delete
  2. Wah... Ini penting banget ya mas... Kalau kita sebagai pelajar lebih bisa open minded dengan daftar ruangguru sejak dini... Mantap bangettt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sangat penting dong... supaya ga telat kayak aku, hiksss.

      Delete
  3. Replies
    1. Mantap dung, semua pengalaman ruangguru squad ya gitu juga kok sangat memuaskan belajar bersama ruangguru

      Delete
  4. Saya mah gak pake aplikasi ini. SebabSada KIP dri PakPDe. Hehehe kan pak De 2 periode, jdi tggu penerapan kartu Indonesia Pintar sajalah.
    Hehehe

    ReplyDelete
  5. Memangmya apa keunggulan dari aplikasi ini bg?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak banget mas, bisa Anda lihat lagi yang sudah saya sebutkan di atas

      Delete