Cara Membersihkan Malware di Laptop Dengan Mudah dan Ampuh

Selain menghapus file-file sampah, kita harus memastikan bahwa laptop kita tidak disusupi oleh virus-virus. Yang namanya virus tidak akan menampakkan diri, sama halnya seperti koruptor di Indonesia tercinta ini.

Mungkin laptop kamu sudah dipasang aplikasi antivirus, tetapi tidak semudah itu ferguso. Virus ringan akan terhapus dengan mudah, jika virus itu berbahaya seperti meretas data, aplikasi antivirus kamu tidak akan ampuh dalam mengatasinya.

Justru itu, kita harus memasang aplikasi yang lebih powerful lagi. Untuk aplikasinya nanti deh aku beritahu. Apa sih yang membuat laptop kamu disusupi oleh virus-virus berat atau malware. Yuk kita cari tahu

Jangan Lakukan Ini, Jika Laptop Kamu Ingin Aman!

Kamu tidak pernah menyadari kalau laptop kamu disusupi oleh malware. Yang harus kamu lakukan adalah menghindarinya. Dengan cara apa? Oke aku beritahu ya, apa saja yang harus kamu hindari.

1. Mengunduh Sembarangan

Maksudnya adalah dengan datangnya malware (akibat) dikarenakan mengunduh file di website sembarangan (sebab). Ketika kamu mengunduh file apapun itu di website ilegal, laptop kamu akan disusupi oleh malware.

Malware itu banyak jenisnya, pengalamanku sih malware yang menjengkelkan adalah jenis adware. Adware di sini efeknya pada laptop adalah laptop kamu akan membuka browser secara otomatis.

Jika dibiarkan terus-menerus akan menimbulkan malware jenis yang berbeda. Jadi, harus ada tindakan serius, jika kondisinya terlalu parah, jalan satu-satunya adalah di install ulang.

Malware dengan jenis Adware paling banyak ditemukan disebabkan karena kamu mengunduh file-file di website ilegal. Jadi, hati-hati saat mengunduhnya.

2. Aplikasi Ilegal

Eits... jangan seneng dulu, setelah berhasil mengunduh aplikasinya, jangan kira aplikasinya aman, kadang pembajak aplikasi menyusupi virus atau malware di dalamnya. 

Keuntungan yang diperoleh oleh pembajak tersebut adalah data-data penting kamu, mengunci file-file yang ada di komputer kamu.

Ketika kamu tidak bisa membuka file-filenya, kamu akan diancam untuk membayar sejumlah uang untuk bisa membuka file tersebut kembali. Jenis malware ini adalah Ransomware.

Oke, sudah cukup untuk membahas sebab malware bisa masuk, sebenarnya banyak banget jenis malware, tetapi yang namanya malware dengan banyak jenis sekalipun sama-sama merugikan. Oke, sekarang kita akan membahas cara membasminya.

Cara Menghilangkan Malware di Laptop Dengan Mudah

Menghilangkan malware memang tidak mudah, sekalinya hilang dan lenyap bikin seneng kayak beli laptop baru, hehe. 

Melenyapkan malware menyita waktu yang lumayan lama dan melatih kesabaran, rasanya pingin banting aja laptop ini (padahal bisa di install ulang, kelar). 

Malware yang pernah aku alami sih jenisnya adalah adware, jadi beberapa detik browser otomatis terbuka dan menuju ke website berbahaya. Kalau kamu pernah ngalami dan gagal, atau kamu lagi kena nih sekarang, kamu masuk ke artikel yang tepat sekali.

Oke ini bukan endorsment ya. Seratus persen aku murni ingin membagikan alat atau aplikasi yang super ampuh banget untuk menghilangkan malware dari kelas ringan hingga kelas berat sekalipun.

Aplikasinya bernama Malwarebytes. Dari namanya saja sudah terlihat kalau aplikasi ini berfokuskan untuk membasmi malware-malware yang menyusupi laptopmu.

Aplikasinya gratis, sama seperti antivirus-antivirus lainnya, hanya saja ada gratis dan premium, dan sudah jelas, fitur-fiturnya lebih lengkap premium.

Tapi nggak papa. Gratis dan premium sama-sama powerful. Untuk alamat downloadnya bisa kalian cari di google, karena takutnya kalau disertakan linknya kena pelanggaran dari google, hehe sorry.

Santai saja, caranya sangat mudah sekali.

Buka Aplikasinya dan klik Scan

Cara Menghilangkan Malware di Laptop Dengan Mudah

Setelah scannya ditekan, aplikasi akan memindai seluruh folder kamu, biasanya paling rentan pada drive C. Tapi tenang saja, ini aplikasi powerful banget kok, nggak akan ada kelewat dalam proses pemindaiannya.

Nah, setelah dipindai akan muncul berapa banyak malware yang ada di laptop atau komputer kamu, tampilannya seperti di atas ini. Karena laptop aku tidak ada malwarenya, jadi threat detectednya kosong. 

Cara Menghilangkan Malware di Laptop Dengan Mudah

Jika laptop kalian ada malwarenya, silahkan lanjutkan untuk memilih malware mana yang mau dikarantina (disarankan untuk memilih semua).

Setelah dikarantina, klik Detection History, seperti yang ada di gambar pertama. Nah, setelah itu tinggal delete (hapus) saja.

Note: Jika kalian disuruh untuk mematikan komputer atau laptop, silahkan matikan saja karena aplikasi tersebut tau mana yang terbaik untuk laptop kalian. Sama seperti hubunganku dan hubunganmu eeeaa.... 

Woke... mungkin itu saja informasi tentang Cara Menghilangkan Malware Dengan Mudah dan Ampuh, maaf jika ada salah kata, terimakasih telah berkunjung dan membaca.

Foto diambil dari freepik.com dan telah di edit kembali oleh Rehan Firdaus.

2 Responses to "Cara Membersihkan Malware di Laptop Dengan Mudah dan Ampuh"

  1. Waduh saya ini masih sering mengunduh sembarangan saja ke laptop. Pantesan beberapa kali laptop jadi lemot karena terserang virus dan harus di instal ulang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah harus hati-hati kak, apalagi malware jenis ransomware lagi booming lagi sekarang,

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel